Kamis, 25 Februari 2016

TELKOM WUJUDKAN ‘CYBER CITY’ DI KOTA BIMA

Kota Bima – Lensa Post,
Program untuk menjadikan Kota Bima sebagai cyber city atau Kota full Digital, akan segera diwujudkan, komitmen ini disampaikan Kepala Kandatel PT. Telkom Bima, Firman, diruang kerjanya senin, (22/2/2016). Menurut Firman, Cyber city merupakan salah satu konsep kota modern berbasis teknologi informasi yang kini telah banyak diterapkan di sejumlah kota besar di seluruh Indonesia bahkan dunia. Ini adalah konsekuensi logis dari meningkatnya kebutuhan masyarakat yang ingin mengakses informasi dan berkomunikasi dengan mudah dan cepat. Sebagai bagian dari masyarakat modern, Pemerintah Kota Bima sudah saatnya menerapkan konsep cyber city untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam mengakses internet secara lebih luas dan tidak lagi terbatas pada kalangan tertentu saja.
Pemerintah Kota Bima bekerjasama dengan PT. Telkom Indonesia Kandatel Bima berusaha semaksimal mungkin untuk mewujudkan Kota Bima sebagai Kota Digital (cyber city), komitmen ini telah dilakukan Pemerintah Kota Bima bersama PT. Telkom dengan memasang Wifi.id (wifi gratis) di 8 area publik se Kota Bima, yaitu Perbatasan Niu, Lawata, Ama Hami, Lapangan Merdeka, Paruga Nae, Taman Ria, Lapangan Pahlawan Raba dan Taman Kodo. Kepala Telkom Bima juga menjelaskan, bahwa Implementasi cyber city juga bisa membantu masyarakat dalam memanfaatkan kecanggihan teknologi informasi. Dalam hal ini, masyarakat akan semakin pandai menggunakan internet dalam jumlah yang besar. Pemasangan WiFi id di sejumlah tempat terbuka ini akan semakin memudahkan masyarakat untuk beraktifitas secara lebih leluasa dalam satu waktu yang bersamaan. Beberapa gambaran fakta, menurut Firman, menunjukkan bahwa ke depan nanti sebagian besar masyarakat kota Bima akan semakin bergantung pada internet untuk menjalani berbagai aktifitasnya. Barometernya adalah kebutuhan masyarakat terhadap suatu pelayanan informasi dan komunikasi digital yang serba cepat, efisien dan efektif. Pola kerja dinamis seperti ini tidak sekedar menunjukkan gaya hidup orang modern tetapi sudah menjadi kebutuhan semua orang, urainya.

Di Kota Bima selain telah terpasang WiFi gratis, Pemkot Bima juga telah memasang CCTV di 4 titik yaitu dari Amahami, lampu merah pasar raya, cabang Sadia dan juga di sekitar taman Hanah Raba. Tujuannya untuk meminimalisir kejahatan dan resiko kecelakaan di jalan raya. Program lain yang akan dilaksanakan oleh Pemkot Bima melalui PT. Telkom adalah fasilitas e-Kelurahan yang merupakan solusi khusus kelurahan untuk layanan aplikasi berbasis web untuk kantor kelurahan. Program ini Didesain untuk menunjang operasional kantor kelurahan khususnya dalam pengelolaan pembuatan surat-surat untuk warga. Kepala Telkom Bima, Firman, berharap masyarakat sadar akan manfaat dari teknologi informasi ilmu pengetahuan, dan dapat memanfaatkan fasilitas ini untuk ilmu pengetahuan, ekonomi dan sosial. Telkom semaksimal mungkin akan menyediakan fasilitas layanan untuk kebutuhan masyarakat, karena Telkom ‘Merah Putih’ milik Indonesia dan telah merambah ke 10 Negara di Dunia, tutup Firman. (LP-01)   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar