Minggu, 14 Februari 2016

PEMKOT BIMA BANTU 10 HANDTRACTOR BAGI KELOMPOK TANI

Kota Bima – Lensa Post,
Upaya peningkatan pertanian kini menjadi program prioritas nasional. Untuk itu, Presiden RI melaksanakan program Upsus (upaya khusus) pertanian berupa pembangunan sarana irigasi, pemberian bantuan peralatan pertanian, bibit, dan berbagai kegiatan pendampingan bagi petani dengan melibatkan TNI. Salah satu peralatan pertanian yang dibagikan kepada petani adalah traktor tangan (hand tractor). Tahun 2016, Kota Bima mendapat 10 traktor dari Kementerian Pertanian RI untuk diberikan kepada kelompok tani di 10 kelurahan. Penyerahan berlangsung pada hari Senin kemarin di kantor Dinas Pertanian dan Peternakan (Pertanak) Kota Bima. Traktor bantuan tersebut diserahkan oleh Wakil Walikota Bima, H. A. Rahman H. Abidin, SE, kepada perwakilan kelompok tani sebagai berikut, Kelompok Tani Samada III Kelurahan Dodu Kecamatan Rasanae Timur yang diterima oleh Adhar, beranggotakan 41 orang dengan lahan garapan seluas 20 hektar. Kelompok Tani Adil Makmur dari Kelurahan Oi Fo’o Kecamatan Rasanae Timur yang diterima oleh H. Mashullah, beranggotakan 50 orang dengan lahan garapan seluas 35 hektar. Kelompok Tani Bersama II Kelurahan Kodo Kecamatan Rasanae Timur yang diterima oleh H. M. Ali, beranggotakan 37 orang dengan lahan garapan seluas 20 hektar.
Kelompok Tani La Mbolo I dari Kelurahan Rite Kecamatan Raba yang diterima oleh Syaiful H. Mubin, beranggotakan 45 orang dengan lahan garapan seluas 15 hektar. Kelompok Tani Tani Sejahtera I dari Kelurahan Rontu Kecamatan Raba yang diterima oleh H. Arsyad, beranggotakan 40 orang dengan lahan garapan seluas 15 hektar. Kelompok Tani Usaha Bersama II dari Kelurahan Ntobo Kecamatan Raba yang diterima oleh Syaiful H. Karim, beranggotakan 40 orang dengan lahan garapan seluas 20 hektar. Kelompok tani Kacampo Mufakat dari Kelurahan Sadia Kecamatan Mpunda yang diterima oleh Syaiful H. M. Tahir, beranggotakan 41 orang dengan lahan garapan seluas 18 hektar. Kelompok tani Telaga Gora dari Kelurahan Sambinae Kecamatan Mpunda yang diterima oleh H. Ahmad, beranggotakan 41 orang dengan lahan garapan seluas 35 hektar. Kelompok tani Harapan dari Kelurahan Jatiwangi Kecamatan Asakota yang diterima oleh Syamsudin, beranggotakan 55 orang dengan lahan garapan seluas 30 hektar.
Kelompok tani Mangge Lenggo dari Kelurahan Jatibaru Kecamatan Asakota yang diterima oleh Usman H. M. Said, beranggotakan 53 orang dengan lahan garapan seluas 33 hektar. Selain itu, dua kelompok tani menerima bantuan alat tanam padi, yaitu : Kelompok tani Limbi Dese dari Kelurahan Jatibaru Kecamatan Asakota yang diterima oleh M. Amin, beranggotakan 40 orang dengan lahan garapan seluas 20 hektar. Kelompok tani Sejahtera II dari Kelurahan Rontu Kecamatan Raba yang diterima oleh M. Ali AR, beranggotakan 45 orang dengan lahan garapan seluas 18 hektar. Dalam laporannya, Kepala Dinas Pertanak Kota Bima, Ir. Hj. Rini Indriati, menjelaskan, Dinas Pertanak bersama Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan (BKP2) Kota Bima terus melakukan pendampingan kepada petani, agar dapat melaksanakan kegiatan pertanian yang berhasil guna. Sementara itu, Wakil Walikota berpesan kepada para penerima bantuan agar dapat memanfaatkan peralatan yang diterima dengan sebaik-baiknya. (LP/H)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar