Minggu, 14 Februari 2016

PEMERINTAH SIAPKAN ANGGARAN PILKADES SERENTAK

Bima – Lensa Post,
Pemerintah Daerah Kabupaten Bima telah menyiapkan anggaran sebesar Rp1,5 miliar untuk mendukung kegiatan Pemilihan Langsung Kepala Desa (Pilkades) di daerah itu. Tahun 2016 ini, pemerintah daerah juga telah meng-agendakan Pilkades serentak bagi 58 desa. Bahkan rencana Pilkades serentak digelar akhir Februari 2016 mendatang. Pemerintah Daerah juga telah melakukan rapat koordinasi untuk memastikan kesiapan pemerintah kecamatan dan desa yang menyelenggarakan pesta demokrasi di tingkat desa tersebut. “Pemkab Bima telah mengalokasikan dana Rp1,5 miliar untuk kegiatan Pilkades. Anggaran ini akan dibagikan kepada desa/kecamatan yang melaksanakan Pilkades,” jelas Sekretaris Daerah Kabupaten Bima Drs HM Taufik HAK M.Si saat memimpin Rapat Koordinasi Persiapan pemilihan 58 kepala desa, baru-baru ini. “Jika tidak ada hambatan, pelaksanaan pemilihan kepala desa direncanakan berlangsung akhir bulan Februari 2016—dan pelantikannya pada bulan April 2016,” lanjut HM Taufik.
HM Taufik juga berpesan kepada para camat, kades dan ketua BPD untuk melaksanakan Pilkades dengan sebaik-baiknya sehingga tidak ada keributan yang dapat mengganggu kondisi Kamtibmas. Kepala BPMDES Kabupaten Bima Abdul Wahab Usman SH.M.Si mengatakan, proses pemilihan kepala desa ditujukan untuk mengisi jabatan kepala desa, sehingga menjamin berlangsungnya roda perekonomian dan pembangunan desa. Kehadiran kepala desa definitif dimaksudkan agar desa dapat menjalankan program pembangunan yang diatur dalam APBDes desa. Dengan adanya APBDes desa tersebut, maka kepala desa dan jajaranya dapat melaksanakan program sesuai dengan kebutuhan desa.
Dengan memanfaatkan secara optimal dengan desa yang digelontorkan, maka desa akan menjadi subjek pembangunan dengan cara  merencanakan, melaksanakan, sekaligus sebagai penerima manfaat dari pembangunan. (LP/KM)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar