Rabu, 01 April 2015

41 SISWA MIN SILA IKUTI TRY OUT



Bima – Lensa Post,
Sejumlah sekolah dari tingkat SD, SMP dan SMA sederajat, sudah melakukan uji coba (try out) sebagai persiapan menghadapi Ujian Nasional (UN) yang akan dilaksanakan awal Mei 2015 mendatang. Meski UN tidak lagi menjadi momok bagi siswa, namun langkah dan upaya untuk mencapai nilai yang maksimal tetap dilakukan uji coba tersebut. Pada tingkat sekolah dasar misalnya. Kegiatan try out kerap dilakukan dalam beberapa tahapan untuk mengetahui sejauhmana kemampuan siswa dalam menjawab materi soal yang diberikan oleh guru. Seperti try out yang diterapkan di sekolah MIN Sila Bima baru-baru ini.  Tercatat 41 siswa kelas VI telah mengikuti kegiatan uji coba kemampuan menjawab 40 soal yang diberikan guru pembimbing. Uji coba tersebut merupakan tahap pertama dan sebagai langkah awal untuk menguji skill anak didik mereka, baik cara mengisi jawaban maupun lainnya yang dapat menghasilkan nilai cukup bagus. 


Kepala MIN Sila, Drs.H. Fahrir menjelaskan, bahwa minggu kemarin, sudah kita terapkan try out kepada 41 siswa didik. Fahrir mengatakan, dalam uji coba ini, ada tehnik sekolah untuk menganalisa kemampuan siswa dengan melihat hasil jawaban dari 40 soal tersebut. Seperti membuat skema urutan nomor soal dalam bentuk table, tujuannya agar mudah mengetahui soal mana yang lebih dominan kurang dipahami oleh siswa. Sebab, lanjut Fahrir, pada tahap pertama try out ini, sekolah menargetkan hasil minimal 60 persen. “Seandainya nanti sudah mencapai target tersebut, maka try out kedua akan dilakukan guna mendapatkan hasil yang lebih tinggi lagi,” katanya. 
Disinggung ada tiga siswa yang diketahui telah keluar sebagai siswa MIN Sila, justru diakui Fahrir. Menurutnya, setelah dikonfirmasi dengan orang tuanya, mereka memilih ikut bertani dengan kelompok keluarganya—dan satu lainnya pindah ke sekolah lain tanpa diketahui pihak MIN Sila.  “Intinya, kedua anak didik ini sudah kita upayakan dan mengajak agar mau bersekolah dan tetap sebagai calon peserta ujian nanti. Namun harapan itu tak membawakan hasil,” jelas Fahrir. (lp/013)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar