Rabu, 15 April 2015

KANTOR POS BIMA CAIRKAN DANA PSKS

Kota Bima – Lensa Post,

Sebanyak 9.311 Rumah Tangga Sasaran (RTS) di Kota Bima tercatat menjadi penerima manfaat Program Simpanan Keluarga Sejahtera (PSKS), sejak selasa (14/4) kemarin, menerima bantuan dana dari pemerintah pusat sebesar Rp 600 ribu di kantor Pos Tolomundu Kota Bima. Pantauan Lensa Post hari kedua rabu pagi kemarin, terlihat ratusan masyarakat dari Kecamatan Mpunda antri menunggu giliran pencairan dana di kantor Pos tersebut, Nampak Kepala PT. Pos Indonesia Cabang Bima, Suworo, menyaksikan langsung proses pencairan dana tahap dua yang dibayarkan langsung tiga bulan, dengan nominal perbulan Rp. 200 ribu. Kepada Koran Lensa Post, Suworo menjelaskan, jumlah penerima PSKS untuk Kota Bima sebanyak 9.311 RTS atau senilai Rp. 5.586.600.000,-. Program simpanan  keluarga sejahtera (PSKS) adalah program pusat melalui Kementerian Sosial untuk membantu rakyat miskin agar ekonominya bisa terbantu, ini adalah pembayaran yang kedua selama kepemimpinan Jokowi, jelas Suworo.

Suworo menjelaskan bagi penerima bantuan agar melengkapi persyaratan pencairan, yaitu membawa Kartu Perlindungan Sosial (KPS), identitas yang masih berlaku (KTP/ Kartu Domisili/ Kartu keluarga). Ia berharap, masyarakat mematuhi jadwal yang telah disebarkan kepada seluruh kelurahan, diharapkan juga bantuan yang diterima ini bisa dibelanjakan pada hal-hal yang konsumtif atau untuk modal usaha agar bermanfaat. Ia menambahkan bahwa proses pembayaran PSKS Alhamdulillah berjalan Aman dan lancar, dan pembayarannya menggunakan sistim online, antri warga pun kita telah atur, dan memenuhi standar aman, adapun jumlah petugas Pos yang melayani lebih kurang 11 orang yang terdiri dari juru bayar, petugas verifikasi dan keamanan, urainya.
Sementara itu sejumlah warga miskin yang mendapatkan dana Program Simpanan Keluarga Sejahtera (PSKS) sebagai kompensasi kenaikan harga BBM bersubsidi mengaku senang. M.Sidik (58) salah satu warga Sadia II Kelurahan Sadia mengaku sangat senang mendapatkan dana PSKS karena sangat membantu meringankan kebutuhan rumah tangga. “Alhamdulillah, saya bersukur dapat bantuan dari pemerintah melalui program PSKS ini, Apalagi, dalam beberapa hari pasca kenaikan harga BBM subsidi, harga berbagai kebutuhan masyarakat langsung naik,”  Hal senada juga dikatakan, Ibu Maryam (47) Ibu rumah tangga yang sudah menjanda beberapa tahun karena suami telah meninggal itu mengatakan sangat senang mendapatkan bantuan itu. “Saya senang karena pemerintah masih mempedulikan rakyat kecil seperti kami ini,” katanya usai mengambil dana PSKS. Menurut dia, uang tersebut akan digunakan untuk membeli beberapa keperluan sehari-hari, termasuk beras. “Ya lumayan bisa beli beras satu karung (50kg) dan kebutuhan lainnya,” ujarnya.
Pada kesempatan itu, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Kecamatan Mpunda, Abdul Hamid menambahkan, yang berkaitan dengan bantuan ini, kita selama ini telah melaksanakan kerjasama dengan pihak kelurahan, untuk memberikan informasi kepada masyarakat tentang jadwal pencairan bantuan PSKS, karena pencairan dana di Kantor Pos Bima telah diatur jadwal dimasing-masing Kelurahan dan Kecamatan. Tugas kami selaku TKSK selalu mendampingi penerima manfaat termasuk memverifikasi data, karena banyak permasalahan yang kami lihat pada saat pembayaran, contoh kartu hilang, maka solusinya kita sarankan agar mereka membuat keterangan kehilangan di Kantor Kelurahan, setelah itu baru kami cocokkan dalam data ini benar atau tidak. Karena banyak juga kejadian, membawa surat kehilangan ternyata disini tidak ada nama. Selain itu ada juga penerima bantuan tersebut telah meninggal, maka ahli waris yang akan menerimanya yang dibuktikan dengan identitas yang ada di Kartu KK, imbuhnya. (LP-001)
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar