Kamis, 09 April 2015

TAGANA SE NTB GELAR APEL SIAGA DI DOMPU

Kota Bima – Lensa Post,
Taruna Siaga Bencana (Tagana) se Nusa Tenggara Barat, sabtu (4/4) kemarin menggelar Apel Siaga di Lapangan Doropeti Kecamatan Pekat Kabupaten Dompu, kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Tagana ke 11 sekaligus menyambut event Internasional Tambora Menyapa Dunia (TMD). Hadir pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas Sosial Kependudukan dan Catatan Sipil Propinsi NTB, Bupati Dompu, seluruh Kepala Dinas Sosial se NTB, serta Anggota Tagana se NTB.  
Mengawali sambutannya, Kepala Dinas Sosial Kependudukan dan Catatan Sipil Propinsi NTB, Drs.HM.Husni Thamrin,MM menyampaikan selamat ulang tahun TAGANA ke 11, semoga dengan bertambahnya usia, Tagana semakin kompak dan terdepan dalam berkiprah terkait penanggulangan bencana. Ia juga menjelaskan bahwa HUT Tagana ke 11,

mengusung tema “living harmony with disaster”, menurutnya tema tersebut menggambarkan, bahwa Tagana tidak hanya hidup berdampingan dengan bencana, namun perlu pemahaman yang utuh dari masyarakat tentang ancaman bencana serta menyiapkan diri dengan meningkatkan kualitas SDM masyarakat, mengorganisir dengan baik, serta menyiapkan SOP  secara sederhana dibuat oleh masyarakat itu sendiri, urainya.
Pada kesempatan itu pula, Husni Thamrin menceritakan, bahwa Tagana terbentuk pada tanggal 24 Maret 2004. Tagana lahir sebagai jawaban atas kondisi kerawanan bencana di Indonesia dan manifestasi dari penanggulangan bencana berbasis masyarakat. Awalnya diperkirakan tidak lebih dari 66 orang relawan dikukuhkan menjadi Tagana. Perjalanan terus berlalu, pahit asam dan manis telah dirasakan Tagana dan akhirnya besar seperti sekarang ini. Hasil Revitalisasi tahun 2014 diketahui jumlah Tagana NTB aktif sejumlah 509 personil, sedangkan jumlah seluruh Indonesia di 34 Propinsi berjumlah 27.654 personil. Angka yang cukup besar, namun belum memadai dibanding dengan luasan kerawanan bencana di Indonesia, tutupnya. (LP-001)       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar