Rabu, 15 April 2015

WALIKOTA BUKA KEGIATAN LOMBA ARSIP DAN PERPUSTAKAAN

Kota Bima – Lensa Post,
Telah menjadi agenda rutin setiap tahun, Kantor Arsip dan Perpustakaan Kota Bima menggelar berbagai lomba, dalam rangka meningkatkan minat baca dan memotivasi anak-anak untuk berkreasi dan berinovasi. Tahun ini Kantor Arsip dan Perpustakaan dibawah kendali Dra. Hj. Sri Ratnawati, MH melaksanakan berbagai lomba, diantaranya Lomba mewarnai gambar, lomba bercerita dan pemilihan duta baca. Acara yang digelar di Paruga Nae Convention Hall, selasa (14/4/2015) dihadiri Walikota Bima sekaligus membuka secara resmi kegiatan lomba dimaksud, hadir pula Ketua TP PKK Kota Bima, Ketua GOW, Pimpinan SKPD, dan Guru serta ratusan murid TK hingga SMA.
Walikota Bima, HM. Qurais H. Abidin, mengaku senang dan bangga atas animo anak-anak dalam mengikuti berbagai mata lomba yang digelar, Walikota juga mengapresiasi khusus kepada Kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan Kota Bima,

yang telah menggelar lomba dalam rangka menyemarakkan HUT Kota Bima ke 13. Menurutnya, kegiatan seperti ini dapat dijadikan satu upaya dalam mengentaskan ketertinggalan sumber daya manusia di daerah ini. Jadikan perpustakaan sebagai sarana pendidikan seumur hidup (long life education) yang dikelola secara profesional dan tidak membedakan batas usia, jenis kelamin, ras, suku dan agama. Tugas menumbuh- kembangkan kebiasaan membaca masyarakat bukanlah tugas yang mudah, karena ini menyangkut dengan budaya kita. Tugas ini bukan saja tugas pemerintah namun menjadi tugas kita bersama. H.Qurais berharap kegiatan ini supaya dilaksanakan secara rutin untuk menarik kreatifitas anak dan cucu kita, harapnya.
Sementara itu, Kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan Kota Bima, Dra. Hj. Sri Ratnawati, MH dalam laporannya menyampaikan terima kasih kepada Walikota Bima dan Ketua TP PKK Kota Bima yang telah hadir dalam kegiatan ini. Menurut Umi Ratnah (sapaan akrabnya), membaca merupakan unsur penting dalam pendidikan, baik bersifat formal maupun non formal yang harus terus dijaga dan ditingkatkan eksistensinya melalui berbagai upaya pembudayaan kegemaran membaca. Pembudayaan kegemaran membaca harus melalui 3 jalur, yaitu jalur keluarga, jalur pendidikan dan jalur masyarakat. Hj. Ratnah menambahkan, bahwa pembudayaan kegemaran membaca lebih mudah ditanamkan kepada anak sedini mungkin dan berlanjut terus menerus. Mewujudkan anak-anak mempunyai kegemaran membaca dapat ditumbuhkembangkan disekolah dengan mengoptimalkan seluruh potensi sumber daya perpustakaan sekolah.
Untuk itu lanjutnya, Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Kota Bima ke 13 tahun 2015, serta dalam menumbuhkembangkan membaca pada siswa mulai tingkat Taman kanak-kanak sampai tingkat SLTA. Kantor Arsip dan perpustakaan Kota Bima melaksanakan berbagai kegiatan lomba, yaitu lomba mewarnai gambar bagi anak TK, lomba bercerita bagi anak SD, lomba pemilihan duta baca bagi anak-anak SMA sederajat. Dasar pelaksanaan  kegiatan ini adalah undang-undang no. 43 tahun 2007 tentang perpustakaan. Kepala kantor menjelaskan, bahwa sasaran lomba mewarnai gambar diikuti oleh anak-anak TK sebanyak 100 orang, lomba bercerita diikuti siswa SD sebanyak 24 orang, sementera untuk pemilihan duta baca diikuti 11 orang siswa SMA sederajat. Adapun materi lomba mewarnai gambar, mengangkat  tema suasana anak-anak di Perpustakaan, materi bercerita disajikan 8 judul cerita Bima untuk dipilih salah satu, dan untuk pemilihan Duta baca dengan materi menyangkut perpustakaan, gemar membaca dan terkait pembangunan kota Bima sebagai Kota Tepian Air, dengan menggunakan bahasa Bima, Bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Ratnah juga menjelaskan Penjurian dimasing-masing mata lomba sebanyak 3 orang. Lomba seperti ini rutin dilaksanakan dalam rangka memotivasi minat baca bagi anak-anak, dan kami menyediakan hadiah bagi anak-anak yang sering berkunjung ke perpustakaan. Dan kami bekerjasama dengan sekolah-sekolah untuk jadwal kunjungan ke Perpustakaan Kota Bima. Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama Pemerintah Kota Bima dan didukung Bank NTB Syariah Bima serta BPPKB Kota Bima, tutupnya. (LP-005)   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar