Rabu, 15 April 2015

TP-PKK KOTA BIMA CANANGKAN GERAKAN CTPS

Kota Bima – Lensa Post,
Tim Penggerak PKK Kota Bima, rabu (15/4/2015) memulai pencanangan Gerakan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS). Kegiatan ini sebagai upaya untuk pencegahan berbagai penyakit yang berdampak pada penurunan kualitas hidup manusia. Pencanangan gerakan cuci tangan memakai sabun tingkat Kota Bima yang dipromotori Y Consultan telah dilaksanakan di SDN 16 Kelurahan Salama dan SDN 32 di Kelurahan Panggi. Untuk Tingkat Kota Bima, TP PKK juga menggelar pencanangan di Lapangan Manggemaci Kota Bima, yang dihadiri Walikota Bima, ketua DPRD Kota Bima, Ketua TP PKK Kota Bima, perwakilan Y Consultan, Pimpinan SKPD se Kota Bima, dan ratusan anak TK dan SD se Kota Bima.
Ketua TP PKK Kota Bima, Hj. Yani Marlina HM. Qurais mengatakan, kebiasaan mencuci tangan memakai sabun merupakan salah satu cerminan perilaku hidup sehat. Dengan kebiasaan mencuci tangan sebelum dan sesudah

melakukan aktivitas dapat menurunkan resiko terkena penyakit diare, cacingan, tipes, karena menurut Umi Yani, segala sumber penyakit bermula dari tangan. “Cuci tangan memang terlihat sepele, tapi kenyataannya itu mencerminkan pola perilaku kehidupan sehari-hari kita.” Oleh sebab itu, kebiasaan hidup sehat harus dimulai sejak usia dini. “Guru dan Kepala Sekolah harus mengagendakan kegiatan ini secara rutin di sekolah masing-masing,” katanya. Menurut Umi Yani, gerakan CTPS ini memang masih belum dipahami oleh masyarakat secara luas, dan prakteknya pun masih banyak yang belum diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, perilaku CTPS ini terbukti merupakan cara efektif untuk upaya kesiapan preventif. Pencanangan gerakan CTPS ini adalah sebuah bentuk komitmen TP PKK Kota Bima guna meningkatkan kesehatan diri dan keluarga untuk mencapai derajat kesehatan yang optimal. Kegiatan CTPS ini merupakan kegiatan integral melalui pola hidup bersih dan sehat, sekaligus sebagai momentum untuk mengubah tentang perlunya membiasakan pola hidup bersih dan sehat, dimulai dari mencuci tangan pakai sabun. Bersama kita berjuang menyelamatkan hidup anak-anak agar terhindar dari penyakit menular, oleh karena itu ajaklah teman-teman dan masyarakat sekitar kita untuk ikut membiasakan perilaku cuci tangan pakai sabun yang sederhana dan dapat dilakukan dirumah sendiri dan di sekolah, urainya.
Walikota Bima, HM.Qurais H.Abidin dalam sambutannya menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya, kepada Ketua dan pengurus TP PKK, Dinas Kesehatan, Dinas Dikpora, terutama Konsultan yang sudah sungguh-sungguh melaksanakan atau mempromotori cuci tangan pakai sabun di SDN 16 Kelurahan Salama dan SDN 32 di Kelurahan Panggi. Walikota mempertegas bahwa gerakan cuci tangan pakai sabun ini betapa sangat bermanfaat untuk kesehatan kita, oleh karenanya saya minta kepada dinas kesehatan, dinas dikpora bersama Y Consultan, agar memprogramkan semua sekolah tahun 2016 sudah mempunyai fasilitas untuk tempat cuci tangan pakai sabun, tidak usah khawatir dengan biaya, ujar Walikota meyakinkan.  Lanjut H.Qurais, Cuci tangan pakai sabun ini benar-benar sangat dibutuhkan untuk kesehatan anak kita, kesehatan di rumah tangga kita, kesehatan dilingkungan, oleh karena itu pada kesempatan ini, pemerintah kota bima mulai hari ini akan mencanangkan cuci tangan pakai sabun, kita gerakkan sungguh-sungguh melalui TP PKK tingkat Kota sampai tingkat kelurahan bekerjasama dengan guru-guru. Cari cara agar anak kita selalu ingat kalau makan harus cuci tangan, apa yang kita canangkan supaya diimplementasikan, agar kota bima menjadi kota sehat, kota yang cerdas, tutup Walikota.
Sementara itu, Ketua Panitia Nur Fauziati dalam laporan awalnya mengatakan bahwa gerakan cuci tangan pakai sabun ini adalah salah satu program TP PKK Kota Bima yang harus terus kami giatkan lagi, karena berdasarkan survey data 2009 rata-rata hanya 3 % saja yang menggunakan sabun untuk cuci tangan, dan hanya 12 % saja yang cuci tangan habis dari kamar mandi, serta 14 % saja yang cuci tangan pakai sabun sebelum makan, artinya masih banyak tangan-tangan kita yang belum bersih, sehingga banyak juga kuman penyakit yang menempel ditangan kita dan masuk kedalam tubuh. Tujuan kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan motivasi dan kesadaran masyarakat untuk lebih tau, mau dan mampu melaksanakan gerakan cuci tangan pakai sabun, sehingga masyarakat Kota Bima semakin lebih sehat. Adapun peserta pencanangan ini terdiri dari Ketua PKK Kecamatan, Ketua PKK Kelurahan, 100 anak SD, dan 400 anak TK yang ada di Kota Bima. Anggaran untuk kegiatan ini bersumber dari TP PKK Kota Bima, dan dukungan Dari Pemkot Bima, Dinas Kesehatan, Dinas Dikpora, Y Consultan, BPJS, PT. Unilever, Hakli, IGTKI dan Bank NTB. Terima kasih kepada semua yang telah memberikan kontribusi, dukungan dalam kegiatan ini, tutupnya.  
Pencanangan gerakan cuci tangan pakai sabun, ditandai demo cuci tangan dengan 7 langkah oleh Walikota Bima, didampingi Pimpinan DPRD Kota Bima, Ketua TP PKK Kota Bima, Ketua GOW, perwakilan dari Y Consultan, Kepala Dikes Kota Bima, dan Kepala Dikpora Kota Bima. (LP-001)  
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar