Minggu, 12 April 2015

PAWAI BUDAYA WARNAI PERINGATAN HUT KOTA BIMA KE 13

Kota Bima – Lensa Post,
Menyambut Hari Jadi Kota Bima ke 13 tahun 2015, Pemerintah Kota Bima, selasa (7/4) menggelar Pawai Budaya. Sedikitnya 5 ribu peserta dari 140 Regu Pawai memadati Kantor Walikota Bima yang merupakan route finish. Pawai Budaya yang terkesan sangat meriah ini dihadiri dan disaksikan langsung Walikota dan Wakil Walikota Bima, Ketua TP.PKK dan Ketua GOW Kota Bima, serta Unsur Muspida Kota Bima dipanggung kehormatan depan Kantor Walikota Bima. Pawai Budaya kali ini dibagi dua, yaitu untuk Kecamatan Rasanae Barat, Mpunda dan Asakota mengambil route star Lapangan Merdeka dan Finish Kantor Walikota Bima, sedangkan untuk Kecamatan Rasanae Timur dan Kecamatan Raba mengambil route star Lapangan Pahlawan Raba dan Finish juga di Kantor Walikota Bima. Nampak Regu Pawai Budaya dari Sekretariat Daerah Kota Bima, DPRD Kota Bima, dan Regu Tim Penggerak PKK dan Majelis Ta’lim Mar’atussholihah ambil bagian dalam Pawai Budaya tersebut.
Suasana Kota Bima selasa pagi kemarin memang sangat ramai, disepanjang jalan terlihat masyarakat yang antusias

menyaksikan para peserta pawai budaya, jalan - jalan protokol kota yang biasanya ramai lancar kini menjadi pada merayap, karena di penuhi oleh masyarakat yang sengaja datang untuk menyaksikan acara tersebut. Acara pawai budaya dimulai pada pukul 07.00 WITA, karena selain banyaknya jumlah peserta yang ikut, pemberangkatan pada pagi hari untuk mengantisipasi agar finish terakhir tidak terlalu siang. Meskipun para peserta diguyur hujan, tidak meyurutkan minat mereka untuk mengikuti Pawai Budaya hingga selesai.  Banyak peserta dari berbagai kategori memakai pakaian khas Bima tempo dulu yaitu RIMPU, ada juga yang menampilkan atraksi-atraksi, yang menjadi daya tarik tersendiri bagi sebagian masyarakat, bahkan terkadang tampil apa adanya dan terkesan tidak mengeluarkan biaya banyak namun dengan kreatifitas yang dimiliki oleh para peserta hal tersebut di jadikan bahan yang dapat menarik dan tak jarang membuat penonton tertawa melihatnya.
Assisten I Kota Bima, Drs.M.Farid,M.Si sesaat sebelum melepas peserta Pawai Budaya di lapangan Merdeka mengungkapkan, Pawai budaya ini dalam rangka memeriahkan HUT Kota Bima ke 13 dan menyambut even internasional Tambora Menyapa Dunia, melalui Pawai Budaya, Kota Bima ingin menunjukkan budaya Bima yang sesungguhnya untuk dihidupkan kembali dan dilestarikan. Semua etnis-etnis budaya Indonesia yang ada di Kota Bima ini juga terlibat dalam memeriahkan Pawai Budaya, ini bertujuan untuk menumbuhkan kebudayaan dan cinta tanah air, selain itu sebagai pengenalan potensi dan budaya yang ada. Mantan Kepala BPMPK ini juga mengatakan, bahwa Pawai Budaya seperti ini memang sangat penting di adakan setiap tahun, karena selain sebagai media hiburan bagi masyarakat, pawai budaya juga sebagai ajang melestarikan budaya lokal dan sebagai pegenalan potensi lokal yang mungkin masih belum di ketahui oleh sebagian masyarakat, terangnya. (LP-001) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar