Minggu, 31 Mei 2015

SENKOM MITRA POLRI GELAR LATIHAN GABUNGAN

Bima – Lensa Post,
Latihan Gabungan Sentra Komunikasi (Senkom) Mitra Polri Kota Bima, Kabupaten Bima dan Kabupaten Dompu, minggu (31/5/2015) digelar di Kawasan Pantai Kalaki Kecamatan Palibelo Kabupaten Bima. Acara yang berlangsung sejak pukul 08.00 hingga 15.30 Wita dihadiri Ketua Senkom NTB, H.Wawan Hermana,M.EU dan Sekretaris Senkom NTB, Arifin, SE. Acara diawali dengan Upacara Pembukaan yang diikuti 82 personil Senkom. Bertindak selaku Inspektur Upacara Bapak H.Wawan Hermana, M.EU selaku Ketua Senkom NTB dan Komandan Upacara A.Rahman dari Kodim 1614 Dompu. Dalam sambutan Ketua Senkom NTB, mengatakan bahwa kegiatan latihan gabungan ini sangat perlu dilaksanakan dalam rangka membina Anggota Senkom
untuk memiliki jiwa dan semangat membela Negara, menjaga Kamtibmas bersama TNI dan Polri. H.Wawan juga mengapresiasi atas inisiatif panitia yang telah menyelenggarakan kegiatan latihan ini dengan baik, tentu saja banyak manfaat positif yang didapat dari latihan ini, terutama kedisiplinan anggota Senkom, tutupnya. Sementara itu dalam laporan Ketua Panitia yang disampaikan Bapak Mardani, kegiatan latihan ini diikuti sebanyak 82 personil Senkom yang tergabung di 3 Kabupaten/ Kota. Kegiatan mengacu pada anggaran dasar dan anggaran rumah tangga Senkom Mitra Polri dalam rangka membantu tugas Kamtibmas dan penanggulangan bencana, urainya.
Usai upacara pembukaan, acara dilanjutkan dengan latihan baris berbaris (PBB) dan penghormatan (PPM), sementara instruktur dalam latihan PBB dan PPM ini, Bapak A.Rahman, Husein, Junaidin, Herman dan Yaman dari Kodim 1614 Dompu, ditambah H.Abubakar dari Polres Bima. Usai latihan PBB dan PPM lebih kurang 2 jam, acara dilanjutkan dengan Istrahat Sholat dan Makan (Ishoma) dan dilanjutkan dengan Latihan Penanggulangan Bencana/ Sar. Adapun Instruktur dalam latihan ini yaitu Rifaid dari Senkom NTB dan Syahrul M.Yusuf selaku Sekretaris Senkom Kabupaten Dompu, 2 instruktur ini telah berpengalaman dan telah mengikuti Latihan Sar dan kebencanaan Nasional yang digelar di Situbondo Jawa Timur. Dalam prosesi latihan ini, diawali dari evakuasi darat ketika korban mengalami kecelakaan di darat. Praktek evakuasi pun dilakukan oleh semua peserta. Selanjutnya seluruh peserta latihan menuju ke Pantai kalaki, di Pantai/Laut kalaki Instruktur juga mengajarkan cara mengevakuasi korban di Laut, selain itu juga diberikan teknis mengapung di air tanpa menggunakan pelampung.
Usai latihan penanggulangan bencana, acara dilanjutkan dengan upacara penutupan, pada kesempatan itu Ketua Senkom NTB memberikan reward kepada 5 peserta terbaik selama latihan dan 1 orang peserta favorit, hingga pukul 15.30 Wita acara ditutup, dan dilanjutkan dengan acara tambahan yaitu pembinaan singkat dari Pembina Senkom (Kresna), Drs. Haryanta. Beliau mengingatkan sekembalinya dari latihan ini agar selalu berbudi luhur menjaga Kamtibmas di masyarakat dan lingkungan sekitar. Jangan memanfaatkan atribut dan almamater Senkom untuk melakukan hal yang tidak terpuji, taat aturan dan hukum yang berlaku, ingatnya. Menutup kegiatan dilanjutkan salaman dan pose bersama sebagai simbol kebersamaan dalam menjaga kerukunan dan kekompakkan senkom mitra polri. (LP-001)              

          

Tidak ada komentar:

Posting Komentar