Minggu, 17 Mei 2015

135 SISWA DI KOTA BIMA TIDAK LULUS UN

Kota Bima – Lensa Post,
Tingkat kelulusan siswa SMA/SMK/MA di Kota Bima pada tahun ajaran 2014/2015 tidak mencapai 100 persen karena ada 135 siswa dari 29 SMA/MA dan SMK, dinyatakan tidak lulus dengan jumlah peserta sebanyak 3.555 orang siswa dengan berbagai sebab. "Kelulusan sepenuhnya ditentukan oleh sekolah. Ada siswa yang mengundurkan diri, dan ada pula yang tidak memenuhi syarat kelulusan," kata Kepala Dinas Dikpora Kota Bima, Drs.H.Alwi Yasin,M.AP. Menurut Kadis, terdapat siswa SMA
yang dinyatakan tidak lulus karena tidak memenuhi syarat, dan ada pula siswa yang mengundurkan diri. "Syarat kelulusan tidak hanya pada nilai yang dimiliki tetapi juga sikap siswa selama mengikuti pendidikan," katanya. Ia juga menjelaskan, bahwa Pengumuman kelulusan dilakukan secara serentak di seluruh SMA/SMK pada Jumat (15/5) dengan metode pengumuman diserahkan sesuai kebijakan masing-masing sekolah, namun sekolah diminta tegas mengimbau siswa agar tidak merayakan kelulusan dengan konvoi kendaraan bermotor. "Hasil ujian nasional dengan menggunakan sistem computer based test (CBT) dinilai memiliki banyak keunggulan. Ada beberapa yang menyatakan, nilai UN CBT lebih baik, ungkapnya.  

Menurut data dari Dinas Dikpora Kota Bima, angka ketidaklulusan itu tersebar di 18 sekolah. Seperti SMAN 2 dan SMAN 3 Kota Bima sebanyak tiga orang siswa, SMAN 5 dan SMKN 3 Kota Bima sebanyak 2 orang,  SMA PGRI sebanyak 20 orang siswa, SMA Yasim Kota Bima sebanyak 22 orang siswa, SMA Al Hidayah sebanyak 27 orang siswa yang tidak lulus, SMK 45 Kota Bima sebanyak 10 orang siswa, SMK PGRI Kota Bima sebanyak 20 orang siswa dan SMA Salahudin Kota Bima sebanyak 9 orang yang tidak lulus. “Yang tidak lulus UN terdiri dari dua kategori. Pertama karena memang tidak ikut UN, kemudian yang kedua yakni karena memang tidak memenuhi syarat kelulusan dan tidak bisa dibantu oleh sekolah,” ujar Alwi Yasin. (LP-007)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar