Kamis, 26 Februari 2015

DISHUTBUN AMANKAN PULUHAN KUBIK POHON TUMBANG


Kota Bima – Lensa Post,
Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Kota Bima, sejak 2 hari ini mengangkut puluhan pohon sonokling yang tumbang akibat angin kencang jumat malam (20/2/2015) kemarin. Saat ini hasil glondongan kayu di lokasi Pemancar Doronae/ Donggomasa Kelurahan Lampe tersebut telah diamankan dan dikumpulkan didepan Kantor Dishutbun Kota Bima.  Kepala Dishutbun Kota Bima, Ir. Abdurrachman Iba menuturkan, angin kencang yang terjadi malam sabtu kemarin  menumbangkan pohon kayu hutan didalam kawasan hutan Negara di area RTK Donggomasa Kelurahan Lampe. Kawasan tersebut memang hanya ditanami pohon sonokling  dan usianya puluhan tahun, bahkan ada yang ditanam sejak tahun 60an, akibat bencana alam angin kencang sedikitnya 48 pohon sonokling tumbang. Mantan Kepala BLH ini juga menyampaikan bahwa pohon-pohon yang tumbang ada yang berdiameter 30 hingga 35 cm, jelasnya.
Operasi yang dilakukan selama 2 hari ini, kami mencoba mengangkut balok pohon sonokling yang tumbang tersebut,
untuk diamankan dan dikumpulkan sementara di Kantor Dishutbun Kota Bima. Kadis mengaku, saat ini mampu diamankan sementara yaitu yang dekat dengan jalan, kalau yang dijurang-jurang itu repot lagi, kemarin diangkut menggunakan dumptrack dan kayu yang berhasil diangkut kurang lebih 9 truck. Kayu ini milik Negara dan akan dikelola sepenuhnya oleh Negara, yang memiliki kewenangan adalah Kementerian Kehutanan, tinggal sekarang kewenangan seperti apa yang dilakukan oleh kementerian, kita hanya mengikuti aturan saja. Kita tidak punya kewenangan untuk tindak lanjut, apakah Negara nanti mau melelang, itu kewenangan dan kebijakan kementerian Kehutanan, jelasnya.
Abdurrachman juga menjelaskan, bahwa kawasan hutan Negara di lokasi Donggomasa tersebut mencapai 6000an hektar, lokasi yang ditanami pohon sonokling tersebut menjadi area RTK/ KPH Donggomasa. Karena untuk kota bima, menurutnya, kita punya 2 KPH (Kepala Pemangkuan Hutan), yaitu : KPH Maria berbatasan dengan Wawo dan KPH Donggomasa berbatasan dengan Lambitu. Kadis berharap kepada masyarakat, agar tidak menjamah hutan-hutan Negara. Dan bagi yang menggunakan area tersebut sebagai jalan alternatif supaya berhati-hati saja, karena akhir-akhir ini sering terjadi pohon tumbang. (LP-001) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar