Minggu, 23 November 2014

TAMPIL DI TV ONE, TGB PAPARKAN KEBERHASILAN NTB


Jakarta – Lensa Post,
Gubernur NTB, Dr. TGH. M. Zainul Majdi, MA atau yang akrab disapa Tuan Guru Bajang (TGB) memaparkan secara gamblang kondisi dan potensi NTB saat tampil dalam acara Coffe Break yang disiarkan langsung oleh TV One. Dipandu presenter Harsya Soebandrio dan Asti Mochtar bincang-bincang yang berlangsung di Epicentrum TV One Studio Rasuna Said, Kuningan, Jakarta, Kamis (20/11/2014) itu berlangsung akrab dan hangat. Saat disinggung terkait rentetan prestasi yang berhasil diraih NTB, gubernur mengatakan bahwa seluruh prestasi dan capaian pembangunan itu bukanlah prestasi gubernur. Tapi prestasi dari seluruh masyarakat NTB. "Jadi yang perlu diapresiasi itu ya masyarakat NTBnya," ujar gubernur yang juga seorang ulama kharismatik ini merendah. Waktu itu, gubernur juga menjelaskan tentang apa makna dari ikhtiar membangun manusia NTB yang menjadi landasan program-program pembangunan lima tahun kedepan pada periode kedua kepemimpinannya di NTB (2013-2018). Dijelaskan, ikhtiar membangun manusia NTB adalah bagaimana
membangun agar masyarakat NTB punya kebanggaan terhadap ke-NTBan-nya. Dimana kebanggan itu juga kebanggan ber-Indonesia. "Jadi kalau sudah punya kebanggaan, punya harga diri ya tentu akan termotivasi untuk terus menerus meningkatkan kualitas hidup," kata gubernur. Dengan demikian, lanjut TGB, NTB itu kemudian bisa menjadi rumah bersama bagi seluruh warga NTB untuk mengisinya dengan hal-hal yang terbaik. Sedangkan saat diminta memberikan contoh konkrit yang melekat erat di masyarakat NTB, gubernur menjelaskan kearifan lokal masyarakat NTB yang kaya sekali.  "Cuma di era modern ini kearifan lokal itu mulai gugur dan terlupakan. Nah kita berikhtiar membangun masyarakat NTB itu salah satunya dengan berbasis kekayaan lokalitas budaya kita itu. Itu sebabnya Visi NTB itu beriman, berbudaya, berdayasaing dan sejahtera," tuturnya menjelaskan.
Dalam segmen yang disiarkan secara langsung selama 30 menit tersebut, Gubernur peraih gelar doktor dari Universitas Al Ashar, Kairo, Mesir ini, juga memaparkan sejumlah percepatan pembangunan di NTB. Diantaranya, percepatan pelayanan dan pendidikan dan kesehatan masyarakat, percepatan pengembangan komoditas ekonomi potensial seperti jagung, sapi dan rumput laut. Termasuk percepatan pembangunan sektor ekonomi yang nyata-nyata bisa mengungkit sektor ekonomi pariwisata dan ekonomi kreatif. "Nah percepatan-percepatan ini kita bingkai semua dalam percepatan pembangunan infrastruktur. Dengan jalinan infrastruktur maka pembangunan pendidikan kesehatan akan termudahkan. Pengembangan komoditas juga akan bisa lebih baik, juga pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif kita akan bisa lebih berkembang," ujarnya. Selain itu, gubernur juga menyampaikan kesuksesan program Kampung Media di NTB yang berhasil meraih penghargaan Nine Top Inovation dalam bidang pelayanan publik daerah yang diberikan pemerintah pusat. "Kampung Media adalah salah satu program terobosan Pemerintah Provinsi NTB yang beranggotan anak-anak muda NTB. Anak-anak muda kreatif untuk mendukung penyebarluasan informasi di daerah," tutup gubernur. (lp/hntb)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar