Senin, 10 November 2014

KANTOR ARSIP DAN PERPUSTAKAAN KOTA BIMA TINGKATKAN PELAYANAN




Kota Bima – Lensa Post,
Minimnya minat baca masyarakat Kota Bima, tentu tidak dapat dibiarkan berlarut karena akan menjadikan masyarakat bodoh dan tertinggal. Agar menjadi bangsa yang maju, seluruh anggota masyarakat harus peduli, ikut bertanggung jawab, saling mendukung, dan saling bersinergi untuk meningkatkan minat baca dengan cara meningkatkan pengetahuan tentang Perpustakaan. Demikian disampaikan Kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan Kota Bima, Dra.Hj.Sri Ratnawati,MH. Ia menjelaskan gemar membaca bisa menginspirasi masyarakat untuk kemajuan diri sendiri melalui buku bacaan tersebut. Selain itu, katanya, dengan membaca dapat meningkatkan kecerdasan dan mendorong indeks pembangunan manusia (IPM).
Untuk mewujudkan semua itu Kantor Arsip dan Perpustakaan Kota Bima, terus meningkatkan pelayanan bagi masyarakat, referensi buku bacaan dipastikan tersedia dengan lengkap, begitu pula dengan sarana dan prasarana yang tersedia harus representative, sehingga masyarakat merasa nyaman dan betah diperpustakaan. Kondisi seperti ini telah dilakukan di Kantor Arsip dan Perpustakaan Kota Bima, dibawah kendali Umi Ratnah (sapaan akrabnya). Selama kurang lebih 3 tahun, Ia menakhodai Kantor Perpustakaan yang berlokasi di Jalan Sukun Karara Kota Bima ini, telah membentuk Kantor Arsip dan Perpustakaan Kota Bima, menjadi kantor yang representative dan maju. Terbukti berbagai prestasi sebagai perpustakaan dengan pelayanan terbaik pernah diraih. Dengan berbagai prestasi yang diraih ini, ternyata tidak membuat Hj. Ratnah puas, baginya ini adalah motivasi terkuat untuk lebih meningkatkan lagi pelayanan.
   Umi Ratnah berharap masyarakat harus gemar membaca, karena dengan gemar membaca dipastikan dapat membangkitkan semangat jiwa untuk kemajuan. Membangun minat baca pada siswa atau anak sebenarnya bisa dimiliki dari sejak anak usia dini. Dimana lingkungan keluarga memegang peran penting dalam menumbuhkan minat  baca siswa. Terutama kedua orang tua harus memberikan perhatian terhadap anak dengan cara memberikan kegiatan yang bisa menumbuhkan minat baca pada anak. Hj. Ratnah juga menyampaikan bahwa pihaknya akan memberikan reward kepada siswa yang rajin berkunjung dan membaca di perpustakaan, sebagai bentuk peningkatan pelayanan di Perpustakaan, juga disediakan Wifi gratis bagi pengguna internet di kantor Perpustakaan Kota Bima. (LP-001)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar