Senin, 31 Agustus 2015

BUPATI BIMA SERAHKAN BANTUAN BAGI 124 IKM

Bima – Lensa Post,
Dalam rangka meningkatkan kualitas dan produktifitas produk kelompok Industri Kecil Menengah (IKM) di Kabupaten Bima, Pemerintah Daerah terus berupaya memantik kreativitas masyarakat untuk menciptakan lapangan kerja sendiri dengan cara memberikan bantuan mesin, peralatan dan bahan kepada 124 IKM/KUB, Sabtu (29/8/2015). Bantuan Peralatan tersebut diserahkan langsung Pj. Bupati Bima, Drs. Bachrudin, M.Pd. Dalam Arahannya, Bachrudin mengatakan bantuan ini sebagai stimulant sebagai upaya memajukan IKM yang belum berkembang atau belum mampu berkembang.  "Dengan adanya bantuan ini, diharapkan nantinya IKM dapat berkembang dalam hal proses produksi dan kualitas barang yang dihasilkan, sehingga dapat menembus pangsa pasar yang lebih luas dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta perekonomian daerah".  Bachrudin menjelaskan, IKM merupakan ujung tombak bagi kemajuan perekonomian suatu bangsa atau daerah. Karena IKM bisa menyerap besarnya jumlah pengangguran. Bachrudin meminta para penerima bantuan untuk memanfaatkan peralatan kerja berupa Mesin/Peralatan Pengolahan Pangan itu dengan baik. Semua harus bisa memanfaatkannya dengan baik agar usaha berjalan lancar dan berkembang,” kata Penjabat Bupati. 
Sebelumnya, Kepala Dinas Perindag Kabupaten Bima Drs. H. Ridwan Yasin menjelaskan kondisi umum IKM di Kabupaten Bima saat ini masih belum menggembirakan.  IKM masih menggunakan teknologi sederhana,  modal kerja yang sangat terbatas, daya saing rendah, belum mampu menjadi penyedia barang yang berkualitas, rendahnya jiwa  kewirausahaan,    terbatasnya kemitraan dengan industri besar,  pengetahuan dan informasi pasar, Kemampuan manajemen dan Lemah dalam akses pasar ke luar daerah  serta akses permodalan.   Oleh sebab itu, melalui Dinas yang dipimpinnya H. Ridwan bertekad untuk mewujudkan IKM sebagai segmen produksi yang sehat, kuat dan berkembang, dapat menguasai sebagian besar pasar lokal, dan dapat mendorong tumbuhnya ekonomi daerah yang berpihak dan mengutamakan kesejahteraan rakyat banyak. Untuk mewujudkan visi tersebut jelas H. Ridwan, harus ada peningkatan jumlah unit usaha IKM seoptimal mungkin, menggerakan perekonomian daerah, meningkatkan nilai tambah ekonomi dan menyebarkan pembangunan, jelasnya. Bantuan Mesin/Peralatan yang diberikan diantaranya 18 Unit Mesin Serut untuk 
Peralatan Meubel dan pertukangan kayu, 17 Unit  mesin Kompresor, 16 Unit mesin/ peralatan las berupa travo Las, 16 Unit mesin potong, mesin gerinda, kawat las dan kacamata las. Bantuan lainnya berupa 19 Unit Mesin/Peralatan Konveksi berupa mesin jahit dan mesin obras, 13 unit mesin/peralatan pengolahan pangan : berupa mesin giling kopi / jagung / tepung /kelapa,   260 Pak benang tenun, 20 Unit Kompor, Oven,  Blender, dan Mixer.  Masih berkaitan dengan perangkat pengolahan pangan ini, Pj. Bupati menyerahkan bantuan  pengolahan    tahu, tempe dan bawang goreng berupa 1 unit  Mesin Giling Kedele, 1 unit Mesin Pompa Air, 2 unit  Bak Pemasakan, 2 unit Wajan Stainles Penggorengan,  2 unit Sealer dan 2 unit alat Peniris Bawang. Selanjutnya bantuan tersebut diserahkan secara simbolis Penjabat Bupati Bima Drs. Bachrudin, M.Pd  kepada Yogis (32) Usaha Bengkel Motor Sabua Nggahi warga Desa Tolouwi Kecamatan Monta berupa peralatan perbengkelan dan Nurnaningsih (40) Tenun “Tembe Nggoli” warga desa Timu Kecamatan Bolo berupa  Benang Tenun. (LP/H-01 & 03)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar